25 Rumus Excel Yang Biasa Anda Gunakan

Belajar Excel, berarti kamu harus paham mengenai fungsi dari software ini. Fungsi utamanya adalah sebagai aplikasi pengolah angka. Tapi di dalam dunia kerja, fungsi Excel tidak hanya itu saja. Berikut fungsi Microsoft Excel di dunia kerja:

  • Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, dan meringkas data
  • Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika
  • Membntu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
  • Melakukan visualisasi data seperti dalam pembuatan berbagai macam grafik dan diagram
  • Membuat catatan keuangan, anggaran keuangan dan menyusun laporannya
  • Bisa untuk menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan hal-hal lainnya
  • Melakukan analisa dan riset harga
  • Mempersingkat proses pengolahan data
  • Merapihkan data dalam jumlah skala yang besar
  • Melakukan penrhitungan dari hasil sebuah penelitian




Dan tentunya masih banyak lagi fungsi dari Microsoft Excel yang bisa membantu dan mempermudah urusan angka dan perhitungan. Namun, meskipun bisa membantu dan mempermudah pekerjaan kamu, ternyata Microsoft Excel tidak mudah untuk digunakan.

‍Rumus-rumus Excel
Dalam menggunakan Excel, diperlukan rumus-rumus tertentu untuk menjalankan perintah di spreadsheet. Setiap rumus wajib diawal dengan tanda ‘sama dengan’ (=). Lalu, diikuti dengan rumus yang akan digunakan, seperti ‘formula’ dan ‘function’.

Lalu, bagaimana cara membuat rumus di Excel dengan menggunakan kedua rumus tersebut? Sebelumnya, kamu harus tahu bahwa kedua rumus tersebut memiliki pola perintah yang berbeda walaupun fungsinya sama.

Formula adalah rumus Excel yang diketik manual oleh penggunanya. Contohnya seperti ‘=A1+A2+A3’ atau ‘B4-B5-B6’.
Function adalah template rumus yang sudah disediakan oleh program Excel. Contohnya seperti ‘=SUM(A1:A3)’ atau ‘=AVERAGE(B4:B6)’.
Kedua rumus tersebut sama-sama penting. Pada umumnya, rumus ‘formula’ digunakan untuk menghitung data/angka yang sederhana, sementara rumus ‘function’ dipakan untuk mengolah data/angka dengan skala lebih besar atau banyak.

Kumpulan Rumus Function di Excel

Untuk menggunakan rumus Excel, ada tiga komponen yang harus digunakan. Yaitu tanda sama dengan “=”, nama function (SUM, MIN, IF) dan sel yang diambil datanya seperti klik sel A1 sampai A3 (A1:A3). Tapi ada cara lain yang lebih mudah untuk menggunakan rumus Excel loh!

  • Klik sel yang menjadi tempat hasil data kalkulasi akan dimunculkan.Pilih menu “Formulas” di toolbar Microsoft Excel.
  • Klik pilihan menu “AutoSum” dan pilih rumus yang ingin digunakan.
  • Pilih sel yang ingin dikalkulasikan datanya.
  • Tekan enter pada keyboard, hasil akan muncul.

Ada beberapa rumus-rumus yang harus kamu pahami agar bisa menguasai program ini.

1. SUM

SUM adalah rumus Excel yang digunakan untuk menjumlahkan angka pada sel-sel tertentu. Contohnya jika Anda ingin menjumlahkan angka pada sel A2 sampai sel A10 maka rumus yang digunakan adalah:

=SUM(A2:A6)

2. MAX dan MIN

MAX dan MIN adalah rumus Excel yang digunakan untuk mencari angka tertinggi atau terendah di dalam deretan sel yang berisi angka.

Contohnya jika Anda ingin mencari nilai tertinggi dan terendah dari hasil penjualan bulan Januari 2020 – Januari 2021, masukkan hasil penjualan data pada 1 sel deret ke bawah atau ke samping (misal sel A2 sampai sel A13). Lalu Anda bisa menggunakan rumus:

Terbesar: =MAX(A2:A13)

Terkecil: =MIN(A2:A13)

3. AVERAGE

Rumus Excel AVERAGE berfungsi untuk menghitung rata-rata angka pada beberapa jumlah sel. Contohnya, Anda sedang mencari rata-rata nilai mata kuliah yang ada pada sel A2 hingga A20, Anda bisa menggunakan rumus:

=AVERAGE(A2:A20)

4. COUNT

Rumus COUNT pada Excel berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka. Contohnya adalah data pada sel A1 sampai sel M1 terdapat data angka dan data huruf. Untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka maka Anda bisa menggunakan rumus ini:

=COUNT(A1:M1)

Tinggalkan Balasan